Saya Hasan Efendi mengucapkan Terima kasih sudah berkenan tengok-tengok blog sederhana ini, kritik dan saran kalian sangat membantu perkembangan blog sederhana ini. Contact : HP/WA >> 0896-3554-9224[Tree]

Evaluasi Pelaksanaan Pemilu 2024

Tahun 2024 ini menjadi tahun puncak politik, semua berjalan dengan dinamis dan berwarna, bahkan pada pemilu tahun ini, demokrasi kita lebih berwarna dan lebih variatif karena ada 3 paslon yang bertanding.


14 Februari 2024 kemarin merupakan hari yang sangat penting bagi negara kita, karena dilaksanakan pesta demokrasi. Saya turut serta dalam proses ini sebagai salah seorang warga negara yang memiliki hak untuk memilih pemimpin. saya juga turut berpartisipasi menjadi tugas KPPS di TPS 01 Bangri-Jepara

Pelaksanaan pemungutan suara dan rekapitulasi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) berlangsung dengan baik lancar. Tetapi saat penghitungan dan rekapitulasi ada beberapa kendala, seperti selisih suara antara dikertas plano sama dengan kartu suara, penyesuaian DPT yang nyoblos dll. Beberapa TPS tetangga bahkan harus mengulang dan bekerja hingga 26 jam untuk menyelesaikan proses tersebut dan menyerahkan Plano serta segala berkas pemilu ke kecamatan terkait. Ini menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat dalam mengambil bagian dalam demokrasi, namun juga menggarisbawahi perlunya peningkatan dalam penyelenggaraan pemilu ke depannya.

Salah satu hal yang menjadi fokus evaluasi saya terhadap pelaksanaan Pemilu kali ini adalah terkait dengan Aplikasi Sirekap. Sepertinya aplikasi tersebut belum sepenuhnya siap untuk menangani pelaksanaan pemilihan skala nasional. Masih terdapat beberapa kekurangan dan kendala teknis yang perlu segera diperbaiki agar proses rekapitulasi hasil pemungutan suara dapat berjalan lebih efisien dan transparan di masa yang akan datang.

Selain itu, jumlah administrasi yang harus diproses juga sangatlah banyak, mulai dari menandatangani berbagai dokumen (ratusan lembar, bahkan ada 200an lembar) hingga mengisi kertas plano berpuluh-puluh lembar. Semua ini memakan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Perlu ada upaya untuk menyederhanakan proses administrasi agar lebih efektif dan efisien di masa yang akan datang.


Meskipun menghadapi berbagai kendala, alhamdulillah bisa terlewati dan selesai sekitar jam 03 pagi. Aslinya kemarin saya mau istirahat dari KPPS ini, tapi karena 2 kali diminta sama tokoh sekitar, akhirnya saya memutuskan ikut berpartisipasi dalam proses demokrasi ini. Semoga evaluasi dan perbaikan yang dilakukan dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemilu di masa mendatang.

Itulah sedikit cerita dari pelaksanaan Pemilihan Umum hari ini. Semoga bisa menjadi evaluasi dan perjuangan kita semua dapat membawa perubahan yang positif bagi negara kita.

0 komentar:

Silahkan isi komentar..!